- Menjelaskan tentang operator kondisi (operator relasi dan logika)
- Menjelaskan penggunaan pernyataan if
- Menjelaskan penggunaan pernyataan if-else
- Menjelaskan penggunaan pernyataan if dalam if
- Menjelaskan penggunaan pernyataan else-if
- Menjelaskan penggunaan pernyataan switch
1. Menghitung nilai discount menggunakan if.
/* File
program : discount.c */
#include
<stdio.h>
main()
{
double total_pembelian, discount = 0;
printf("Total pembelian = Rp ");
scanf("%lf", &total_pembelian);
if(total_pembelian >= 100.000)
discount = 0.05 * total_pembelian;
printf("Besarnya discount = Rp
%.2lf\n", discount);
}
2. Menghitung nilai absolut suatu bilangan.
/* File
program : absolut.c */
#include
<stdio.h>
main()
{
int bil, abs;
printf("Masukkan bilangan bulat :
");
scanf("%d", &bil);
if(bil < 0)
abs = -bil;
printf("Nilai absolut dari %d adalah
%d\n\n", bil, abs);
}
3. Pemakaian if-else untuk menyeleksi bilangan
pembagi
/* File
program : bagi1.c */
main()
{
float a, b;
printf("Masukkan nilai a : ");
scanf("%f", &a);
printf("Masukkan nilai b : ");
scanf("%f", &b);
printf("\n");
if (b == 0)
printf("%g dibagi dengan nol = TAK
BERHINGGA\n", a);
else
printf("%g dibagi dengan %g = %g\n", a, b, a/b);
}
4. Pemakaian
if-else untuk mengecek hasil modulus.
/* File
program : bagi2.c */
main()
{
int bil1, bil2, sisa;
printf("Masukkan bilangan pertama :
");
scanf("%d", &bil1);
printf("Masukkan bilangan kedua : ");
scanf("%d", &bil2);
sisa = bil1 % bil2;
printf("\n");
if (sisa == 0)
printf("%d habis dibagi dengan
%d\n\n", bil1, bil2);
else
printf("%d tidak habis dibagi dengan
%d\n\n",
bil1, bil2);
}
/* File
program : tebak.c */
#include
<stdio.h>
main()
{
char karakter;
printf("Masukkan sebuah karakter :
");
scanf("%c", &karakter);
if ((karakter >= 'a' && karakter
<= 'z') || (karakter >=
'A' && karakter <= 'Z'))
printf("%c adalah karakter
alphabet\n", karakter);
else if (karakter >= '0' &&
karakter <= '9')
printf("%c adalah bilangan\n",
karakter);
else
printf("%c adalah karakter
khusus\n", karakter);
}
6. Mengkategorikan bilangan bulat dengan memberinya tanda 1, 0 atau -1.
/* File
program : bulat.c */
#include
<stdio.h>
main()
{
int bil, tanda;
printf("Masukkan sebuah bilangan :
");
scanf("%d", &bil);
if (bil < 0)
tanda = -1;
else if (bil == 0)
tanda = 0;
else
tanda = 1;
printf("Bilangan %d memiliki tanda
%d\n", bil, tanda);
}
/* File
program : kalkulator1.c */
main()
{
/* valid_operator diinisialisasi dg logika 1
*/
int
valid_operator = 1;
char
operator;
float
bil1, bil2, hasil;
printf("Masukkan 2 buah bilangan dan
sebuah operator\n");
printf("dengan format : bil1 operator
bil2\n\n");
scanf("%f %c %f", &bil1,
&operator, &bil2);
if(operator == '*')
hasil = bil1 * bil2;
else if(operator == '/')
hasil = bil1 / bil2;
else if(operator == '+')
hasil = bil1 + bil2;
else if(operator == '-')
hasil = bil1 - bil2;
else
valid_operator = 0;
if(valid_operator)
printf("%g %c %g is %g\n", bil1,
operator, bil2,
hasil);
else
printf("Invalid operator!\n");
8. Implementasi program kalkulator sederhana menggunakan switch - case.
#include
<stdio.h>
main()
{
/* valid_operator diinisialisasi dg logika 1
*/
int
valid_operator = 1;
char
operator;
float
bil1, bil2, hasil;
printf("dengan format : bil1 operator
bil2\n\n");
scanf("%f %c %f", &bil1,
&operator, &bil2);
switch(operator) {
case '*' : hasil = bil1 * bil2; break;
case '/' : hasil = bil1 / bil2; break;
case '+' : hasil = bil1 + bil2; break;
case '-' : hasil = bil1 - bil2; break;
default :
valid_operator = 0;
}
if(valid_operator)
printf("%g %c %g is %g\n", bil1,
operator, bil2,hasil);
else
printf("Invalid operator!\n");
}
C. SOAL
1. Buatlah program untuk menerima 2 buah bilangan bulat
masukan. Tampilkan hasil dari pembagian
bilangan pertama dengan bilangan kedua, dengan ketelitian 3 desimal.
Input
: bil1 dan bil2
Output : hasil bagi bil1 dengan bil2
Nilai tambah : program bisa mengecek
pembagian dengan nol, yaitu jika bilangan kedua adalah nol, maka tidak
dilakukan proses pembagian, namun ditampilkan pesan kesalahannya (division by
zero).
2.
Buatlah program untuk menghitung determinan dan mencari akar-akar dari
persamaan kuadrat : ax2 + bx
+ c = 0 , dengan ketentuan sbb :
D = b2 - 4ac
·
Jika
D = 0 , maka terdapat 2 akar real yang kembar, yaitu : x1 = x2 = -b / 2a
·
Jika
D > 0 , maka terdapat 2 akar real yang berlainan, yaitu :
x1
= (-b + sqrt(D)) / 2a
x2
= (-b - sqrt(D)) / 2a
·
Jika
D < 0 , maka terdapat 2 akar imaginair yang berlainan, yaitu :
x1 = -b / 2a + (sqrt(-D) / 2a) i
x2 = -b / 2a - (sqrt(-D) / 2a) i
Input : a, b, c (float)
Output : Nilai
Determinan serta nilai akar-akar persamaan tsb (x1& x2).
Petunjuk : - untuk mencari akar dari x,
gunakan : sqrt(x) yang didefinisikan pada <math.h>.
- gunakan else
if
3.
Buatlah program untuk menampilkan menu dan melakukan proses sbb :
Menu : 1.
Menghitung volume kubus
2. Menghitung luas lingkaran
3. Menghitung volume silinder.
Input : pilihan user (1,
2 atau 3)
Jika pilihan = 1, maka :
Input : panjang sisi kubus
Output : Volume kubus
(vol = sisi3)
Jika pilihan = 2, maka :
Input : panjang jari-jari lingkaran
Output : Luas lingkaran
(luas = 3.14 * r2)
Jika pilihan = 3, maka :
Input : panjang jari-jari lingkaran & tinggi
silinder
Output : Volume silinder
(vol = 3.14 * r2 * t)
Jika pilihan selain 1, 2
& 3 (default) : Tampilkan pesan kesalahan.
Petunjuk :
gunakan switch-case
Pengambilan Keputusan Dalam Bahasa C >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Pengambilan Keputusan Dalam Bahasa C >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Pengambilan Keputusan Dalam Bahasa C >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK GH